Biologi: Virus

Oke, Mari Kita Mulai! Sekarang kita berbicara tentang Virus. Apa itu Virus? Virus adalah makhluk hidup yang hanya bisa eksis dengan bantuan inang. Virus tersebut dapat hidup di mana-mana, baik Procaryote dan Eucaryote. Tapi, beberapa ilmuwan mengatakan bahwa Virus tidak hidup dimana-mana. Mereka mengatakan bahwa Virus ini lebih cocok untuk Dikelompokkan sebagai partikel yang mengandung Zat genetik. Virus ini diambil dari bahasa Latin yang berarti Poison/Racun.

Sejarah Virus

Sejarah Virus dimulai pada 1883 bahwa Scientist dari Jerman, Adolf Mayer, melakukan penelitian tentang penyebab penyakit Mosaic pada Tembakau. Dia Ekstrak daun penyakit mosaik tembakau dan semprotkan ke tembakau yang sehat. Setelah beberapa hari tembakau Sehat menjadi terinfeksi. Tapi Mayer tidak bisa melihat apa-apa di extration daun pada mikroskop. Tapi Mayer masih menganggap bahwa penyakit ini disebabkan oleh Bakteri.
Kemudian pada tahun 1892, seorang ilmuwan Rusia, Dmitri Iwanowski mengulangi percobaan yang dilakukan oleh Meyer. Perbedaannya adalah hanya itu Dmitri menyaring ekstrak daun dengan filter sedemikian rupa sehingga Bakteri tidak bisa lolos. Hasilnya cukup mengejutkan, tembakau yang sehat menjadi sakit juga. Iwanowski berasumsi bahwa ia melakukan kesalahan dalam eksperimennya. Tapi Enam tahun kemudian Ilmuwan Belanda, Martinus W. Beijerinick, pastikan bahwa Dmitri tidak membuat kesalahan dalam eksperimennya. Martinus mengatakan bahwa Penyakit Mosaic disebabkan oleh virus filtrable. Dia mengatakan bahwa karena vektor dapat melewati Bakteri Filter dan tidak dapat dilihat di Mikroskop Cahaya. bersama dengan penemuan Mikroskop Elektron, Sekarang Virus dapat dilihat.

Karateristik Virus

Ukuran virus bervariasi 25-300 nm (1 nm = 10-9 m) Virus terkecil yang dikenal adalah Virus polio, virus yang menyebabkan penyakit Polio. Ukuran hanya 25 nm dan Virus terbesar yang diketahui adalah Tobacco Mosaic Virus (TMV) yang menyebabkan Mosaic Disesase di pabrik tembakau. Umumnya virus memiliki 4 bentuk umum. Dalam Shape Helix, Polyhidris Shape, Kompleks dan Viral Envelope.








Sturcutre Dan Fungsi
Virus bukanlah sel (aseluler). Virus adalah partikel bernama virion. Virion dapat mengkristal sehingga virus lebih mungkin sebagai mineral daripada hidup sel. Selama virus virion, tidak memiliki sitoplasma, membran plasma dan Nukleus. Virus hanya memiliki Acid Nuclei dan Protein Coat.

Asam nuclei

Kebanyakan Virus memiliki RNA. Tapi itu masih mungkin bahwa Virus Memiliki DNA.

Protein Coat (kapsid)

Kapsid terbuat dari subunit protein yang disebut Capsomer. Kapsid juga bertindak sebagai kerangka virus.

Reproduksi Virus


Virus memiliki kemampuan yang hanya sel hidup bisa melakukannya. Virus dapat berkembang biak sendiri, tetapi membutuhkan bantuan dari host dari proses ini akan bubar sel. Dengan ini proses Virus Reproduksi.

Type Virus


bakteri Virus

Virus yang host adalah bakteri. Bakteri Virus ini juga dikenal sebagai Bacteriophage. Contoh. Bacteriophage T4 yang memiliki E.coli sebagai inang.

Virus tanaman

Virus yang host adalah sel tanaman. Sebagian besar virus tanaman hanya memiliki RNA Nukleus Asam. Contohnya adalah TMV yang menyebabkan Penyakit Mosaic di Tanaman Tembakau

Eucaryote Mikroorganisme Virus

Virus yang host adalah sel eucaryote tapi hanya bisa dilihat oleh mikroskop. Contohnya adalah Mycovirus yang terinfeksi jamur

 Virus hewan

Virus yang host adalah sel sel hewan / manusia. Virus hewan kebanyakan memiliki DNA Nukleus Asam. Contoh adalah Rabies di Canis Genus.

Keuntungan dari Virus.

Virus dalam hidup kita tidak selalu merugikan kita. Virus Bisa bertindak sebagai Gene Agen untuk kepentingan manusia. Contoh dalam Memproduksi Pestisides atau Memproduksi Obat.

Virus yang Merugikan Manusia


Virus merugikan

Sebagian besar virus yang membahayakan bagi kehidupan kita. Berikut daftar Merugikan Virus:

- Virus Influenza

Virus influenza adalah virus yang Disebabkan Influenza. Jika pasien diabaikan, yang dapat menyebabkan Acute Respiratory Syndrome atau di Indonesia umumnya mengatakan ISPA. Para terjadinya tanda adalah demam, dingin, sakit kepala, sakit punggung, dan batuk. Influenza tenang sulit untuk disembuhkan karena kecepatan Mutasi yang sangat tinggi.

- HIV (Human Immunodificiency Virus)

HIV adalah Retrovirus yang memecah sistem kekebalan tubuh kita dengan menyerang T-helper sel. Sampai saat ini belum ada Medicine yang cukup stong untuk mengalahkan HIV karena HIV bersembunyi dalam sel T Helper-.

-Hepatitis Virus

Hepatitis Virus adalah virus yang menyebabkan hepatitis B. Virus ini menyerang sel hati sehingga menyebabkan demam kuning dan gangguan perut.

-Ebola Virus

Virus Ebola adalah virus yang menyebabkan Penyakit Ebola yang dibesarkan di Benua Afrika. The terjadinya tanda adalah demam dengan pendarahan parah yang dapat menyebabkan mati.

Virus -Measles

Virus campak adalah virus yang menyebabkan campak. Ini sel kulit serangan virus dan menyebabkan terjadinya tanda awal seperti demam, batuk, pilek, daripada muncul Campak luka dari wajah sampai ke setiap bagian dari tubuh.

Virus -Polio

Polio Virus adalah virus yang menyebabkan polio. Polio Virus menyerang sel saraf yang mengarah ke lumpuh. Banyak Tokoh masyarakat yang menderita penyakit ini ex. Franklin Delano Roosevelt, Presiden 26 Amerika Serikat.

- Virus Mumps

Virus gondong adalah virus yang Menyebabkan Gondok. Gondong adalah gangguan pada kelenjar air liur yang menyebabkan edema di belakang telinga.

- Virus Herpes Simplex

Virus ini menyebabkan Herpes. Herpes adalah penyakit yang menyerang sel kulit dan membran lendir di mulut yang menyebabkan kulit memerah dan muncul nodul yang seperti melepuh
- Human Papilloma Virus (HPV)

HPV adalah virus yang menyebabkan herpes. Herpes adalah penyakit yang menyerang sel kulit dan tumbuh sel kanker. Gejala adalah nodul pada kulit


Virus yang merugikan Hewan


- Rous Sarcoma Virus (RSV) yang menyebabkan tumor pada ayam

Penyakit -Newcastle yang menyebabkan tetelo di ayam
-Rhabdovirus, Yang menyebabkan rabies di Canis Genus dengan terjadinya tanda takut air, anxiousity besar, kehilangan kontrol otot dan lebih Agresif

Virus yang Harm Tanaman

-Tobacco Mosaic Virus (TMV) yang menyebabkan penyakit Mosaic yang menghambat pertumbuhan tanaman dan muncul bercak pada daun tembakau.
-JERUK Kusta Virus (CiLV) yang menyebabkan penghambatan pada tanaman jeruk

Pencegahan terhadap serangan Virus


Imunisasi saat bayi


Daftar imunisasi

1) OPV (Oral Polio Vaccine)
2) Vaksin Rabies
3) Vaksin Hepatitis
4) Vaksin Influenza
5) Mumps, Measles, Rubella Vaccine


Oke, itu semua tentang Virus, jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya ke rizqi.irfansyah@rocketmail.com. Aku Menunggu! 

SHARE ON:

Hallo Readers, kenalin gw Rizqi Irfansyah, pemilik blog sederhana ini. Berharap apa yang tertulis di blog sederhana ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk saya pribadi dan untuk pembaca yang kebetulan kesasar :)

1 komentar: