Kupas Tuntas SKL UN SMP Bahasa Inggris 2015

Pendahuluan

Hasil gambar untuk sukses UN
Ujian Nasional (UN) adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. UN bertujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata pelajaran yang di UN-kan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Peserta UN dinyatakan apabila mencapai syarat – syarat nilai tertentu dari Sekolah dan hasil UN.


b. Standar Kelulusan (SKL)

Ada dua kemampuan yang diujikan dalam UN bahasa Inggris, yaitu:

1. READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional pendek berbentuk caution, greeting card, short message, invitation, announcement, label, advertisement, & letter maupun esai sederhana berbentuk descriptive, procedure, report, narrative dan recount dalam konteks kehidupan sehari – hari. Disini, siswa akan diuji kemampuannya untuk:

1. Menentukan gambaran umum (finding general idea)
2. Menentukan ide utama / pikiran utama (finding main idea)
3. Menentukan informasi rinci tersurat (finding explicit detailed information)
4. Menentukan informasi tersirat (finding implicit information)
5. Menentukan rujukan kata (finding reference word) dan
6. Menentukan makna (persamaan/lawan) kata, frase, atau kalimat.


2. WRITING (Menulis) Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari. Disini, siswa akan diuji kemampuannya untuk:

1. Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks laporan (report) yang pendek atau Cloze Test (Finding an appropriate word to complete a short report text)
2. Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat atau Jumbled Words (Finding a good order of jumbled words to make a meaningful sentence) dan
3. Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraph atau Jumbled Sentences (Finding a good order of jumbled sentences to make an acceptable paragraph)


c. Durasi

Waktu tersedia 120 minutes untuk 50 soal, jadi tiap item = 2.40 detik. Oleh karena itu kalian perlu:

1. Kenal / hafal dengan model soal UN
2. Mengetahui kata kunci tiap item soal UN
3. Mampu membaca soal secara efektif
4. Terbiasa mengerjakan soal UN (termasuk pembahasannya pula). 

d. Model Pertanyaan dalam UN

Berikut model dan contoh pertanyaan dalam UN secara keseluruhan dan lebih detail;

1. Tujuan Penulisan Teks (Purpose of the Text)

Soal model ini menanyakan tujuan penulis menulis teks. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menanyakan tujuan penulisan teks adalah sbb:

1. What is the purpose of the text?
2. What is the writer’s purpose to write the text above?
3. What does the writer of the text above write the text for?
4. The above text is written to …
5. The writer’s purpose of writing the above text is to …


Berikut tujuan penulisan secara ringkas dari teks fungsional pendek maupun essai:
NO JENIS TEKS (KINDS OF TEXT) TUJUAN PENULISAN (PURPOSE OF WRITING)
1 Caution = To ask the reader do the command/prohibition given.
2 Greeting Card = To greet someone.
3 Short Message = To ask the receiver to do something/ to inform the receiver.
4 Invitation = To invite the reader to do / join something (an activity).
5 Announcement = To announce something
6 Advertisement = To advertise something
7 Label = To give the reader information of the product
8 Letter = To ask the receiver to do something/ to inform the receiver.
9 Descriptive = To describe something specifically
10 Narrative = To amuse / entertain the readers with the story
11 Recount = To tell an activity in the past in series of events
12 Procedure = To tell the reader how to make something in series of steps
13 Report = To describe something generally

2. Menentukan gambaran umum (finding general idea)

Soal model ini menanyakan teks tersebut tentang apa. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menentukan gambaran umum teks adalah sbb:

1. What is the text about?
2. What does the text tell you about?
3. The text above tells us about …
4. The text is about …

(Jawabannya adalah dalam bentuk kata/frase, BUKAN kalimat)


3. Menentukan topik paragraf (finding topic of a paragraph)

Soal model ini menanyakan topik suatu paragraf tertentu dari suatu teks. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menentukan topik paragraf adalah sbb:

1. What is paragraph 4 about?
2. What does paragraph 3 tell us about?
3. Paragraph 1 tells you about …
4. Paragraph 2 is about …

(Jawabannya adalah dalam bentuk kata/frase, BUKAN kalimat)


4. Menentukan ide utama / pikiran utama (finding main idea)

Soal model ini menanyakan ide utama suatu paragraf tertentu. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menentukan ide utama paragraf adalah sbb:

1. What is the main idea of paragraph 1?
2. What is the main idea of the first paragraph?
3. The main idea of paragraph 2 is …

(Jawabannya adalah dalam bentuk kalimat, BUKAN kata/frase)


5. Menentukan informasi rinci tersurat (finding explicit detailed information)

Soal model ini menanyakan informasi yang berupa apa, kapan, dimana, mengapa, siapa, untuk siapa, dan bagaimana. Jawaban dari soal ini dapat ditemukan langsung secara tertulis didalam teks. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menentukan informasi rinci tersurat adalah sbb:

1. What did the writer buy at that day? (apa/what)
2. When did the man ask for help? (kapan/when)
3. How was the girl? (how/bagaimana keadaannya) dll


6. Menentukan informasi tersirat (finding implicit information)

Soal model ini menanyakan informasi secara implisit. Untuk mengetahui informasi yang ditanyakan (dalam soal), kalian harus mencari petunjuk – petunjuk (clues) baik berupa kata, angka, dsb, lalu berdasarkan petunjuk tersebut kalian mengambil kesimpulannya. Misalnya dalam sebuah caution, ditanyakan dimana caution itu dapat kita temukan. Untuk dapat menjawabnya, kalian harus tahu dulu caution itu isinya apa. Jika larangan untuk ramai karena ada ujian, maka tempatnya bisa di sekolah. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menentukan informasi tersirat adalah sbb:

1. Where can you find such caution?
2. Based on the text, how much does a cup of tea cost?
3. Which statement in NOT true?
4. Which statement is true?


7. Menentukan rujukan kata (finding reference word)

Soal model ini menanyakan kata ganti dari suatu kata tertentu (biasanya yang digaris bawahi). Untuk dapat mengetahui jawabannya, kalian harus mengetahui kata ganti (pronouns) dari kata tersebut dalam teks. Biasanya kata ganti yang dimaksud untuk menggantikan kata yang ada di kalimat sebelumnya. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menentukan informasi tersirat adalah sbb:

1. What does the underlined word refer to?
2. The underlined word refers to…


8. Menentukan makna (persamaan/lawan) kata, frase, atau kalimat.

Soal model ini menanyakan persamaan /sinonim kata atau lawan kata /antonim (biasanya yang digaris bawahi). Kalian harus mempunyai vocabulary mastery yang cukup untuk dapat menjawab dengan benar. Hanya kalian yang dapat menjawab karena disini guru tidak akan bisa membuat kalian hafal dengan kosakata jika kalian tidak mau berusaha menghafalkannya. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menentukan makna kata adalah sbb:

1. What does the underlined word mean?
2. The underlined word means…
3. The underlined word can be best replaced with…
4. What is the antonym of the underlined word?


9. Menentukan judul teks (determining the title of the text)

Soal model ini menanyakan judul yang tepat untuk suatu teks. Meski soal ini jarang keluar di tiga UN terakhir, tapi alangkah lebih baiknya jika kalian juga paham tentang model soal ini. Judul dalam teks soal dihapus dan kalianlah yang menentukan judul yang tepat. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menentukan judul adalah sbb:

1. What is the best title of the above text?
2. The best title for the text is…

(Jawabannya adalah dalam bentuk kata/frase, BUKAN kalimat)


10. Menentukan hikmah (moral value)

Soal model ini menanyakan hikmah suatu teks (biasanya cerita). Sering pertanyaan ini keluar dalam soal dengan teks narrative, yakni hikmah yang dapat dipetik dari suatu cerita tersebut. Pertanyaan yang mungkin muncul untuk menentukan moral value adalah sbb:

1. What is the moral value of the text above?
2. What can you learn from the text?
3. The moral value of the text is ….


11. Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks

Soal model ini berupa teks (biasanya recount) yang diambil beberapa kata untuk dijadikan pilihan jawaban. Biasanya diambil 3 atau 4 kata untuk 3 atau 4 nomor soal. Biasanya yang diambil berupa noun/k.benda, adjective/k.sifat, dan verb/k.kerja.


12. Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat

Soal model ini berupa kalimat yang diacak kata-katanya, dan kalian menyusun ulang. Tiap kata akan diberi nomor. Kalimat yang diacak biasanya dapat berupa langkah/step dari suatu teks procedure, perintah, larangan, pengumuman, dan lainnya.


13. Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat kalimat

Soal model ini berupa teks yang diacak kalimat-kalimatnya, dan kalian menyusun ulang. Tiap kalimat akan diberi nomor. Teks yang diacak biasanya dapat berupa procedure atau recount karena ada urutannya (step / event).


SHARE ON:

Hallo Readers, kenalin gw Rizqi Irfansyah, pemilik blog sederhana ini. Berharap apa yang tertulis di blog sederhana ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk saya pribadi dan untuk pembaca yang kebetulan kesasar :)

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment